Tracking Pengiriman Dan Bayar Bea Masuk Belanja Di Aliexpress

| 733 Words

Saya termasuk orang yang penasaran lihat proses pengiriman saat melakukan transaksi belanja online. Ini bukan saja belanja online dari market place lokal, tapi juga saat pengalaman pertama belanja di Aliexpress (market place dari Tiongkok).

Tracking Aliexpress

Tracking Aliexpress

Dengan melihat tracking yang disediakan oleh masing-masing market place, saya bisa tahu seberapa cepat pesanan saya dipersiapkan untuk pengiriman, dan seberapa cepat pihak ekspedisi melakukan penjemputan barang kiriman.

Ada kejadian misalnya pesanan saya sudah diproses dengan cepat, tapi pihak ekspedisi yang lama saat melakukan penjemputan. Atau sebaliknya, pesanan baru diproses sudah sore, tapi pihak ekspedisi cepat melakukan penjemputan.

Saya juga kadang bisa tahu sebuah paket perjalanannya berputar-putar di salah satu lokasi saja, atau terhambat di salah satu hub yang tidak kunjung dikirimkan.

Karena itu saya tertarik ingin tahu bagaimana perjalanan paket yang dibeli di Aliexpress ini. Karena disamping berkaitan dengan pengiriman, juga berkaitan dengan penanganan oleh Bea Cukai saat barang masuk dari luar negeri.

Tracking detail Aliexpress

Tracking detail Aliexpress

Tracking Aliexpress

Dari gambar tracking di atas, paket saya diproses oleh penjual dari hari 1 - 5 dan dilakukan pengiriman. Perjalanan barang berangkat dari penjual di kota di China dikirim menuju Pos Singapura, dikirim lagi ke Pos Indonesia. Proses bea cukai berada di area Pos Indonesia.

Berikut ini ringkasan perjalanan barang berdasar tracking:

  • Pada hari ke-6 paket sudah diberangkatkan dari negara asal (Tiongkok).

  • Pada hari ke-9 paket sudah sampai di Singapura. Diproses dan dikirim ke negara tujuan (Indonesia). Ada perubahan resi pengiriman.

  • Pada hari ke-14 paket sampai Indonesia. Proses sortir dan pengiriman ke Bea Cukai. Tracking dengan resi yang baru, sudah bisa dilakukan melalui web Pos Indonesia dan Bea Cukai.

  • Pada hari ke-19 proses Bea Cukai.

  • Pada hari ke-20 total biaya sudah keluar berikut VA tempat pembayaran. Saya melakukan pembayaran secara online lewat Tokopedia.

  • Pada hari ke-27 Proses pengiriman oleh Pos Indonesia - Pasar Baru.

  • Pada hari ke-28 barang sampai di Pos Indonesia - Jakarta Timur. Proses pengiriman ke pembeli.

  • Pada hari ke-29 barang samapi di rumah saya.

Setelah barang sampai di Indonesia dan sudah ada no resi yang baru, saya lebih banyak melakukan tracking melalui web Pos Indonesia dan Bea Cukai. Tracking Pos Indonesia untuk mengetahui perjalanan barang secara umum, tracking web Bea Cukai untuk mengetahui proses pemeriksaan oleh Bea Cukai dan sekaligus bea masuk dan pajaknya.

Tracking Pos Indonesia

Tracking Pos Indonesia

Tracking Bea Cukai

Tracking Bea Cukai

Pembayaran Bea Masuk dan Pajak Impor

Berdasar informasi dari web Bea Cukai, saya sudah tahu jumlah Bea Masuk, Pajak, dan biaya lain yang harus dibayar, dan dimana pembayarannya.

Tadinya saya khawatir, kalau ada ‘keanehan’ dengan total biaya yang harus saya bayar. Soalnya banyak cerita ada yang bermasalah dengan bea masuk, misalnya besarnya bea masuk yang tidak sebanding dengan harga barang. Kalau ini terjadi dengan kiriman saya, misalnya bea masuknya lebih besar dari harga barang, mungkin barang akan saya biarkan saja. Anggap saja barang hilang. Tapi untungnya tidak seperti itu.

Rincian Bea Masuk Impor

Rincian Bea Masuk Impor

Ternyata untuk mainboard Thinkpad T430 yang saya beli di Aliexpress seharga Rp 614.998, total biaya impor nya Rp 183.500.

Setelah mengetahui total biaya yang harus dibayar, saya melakukan pembayaran ke Virtual Account yang muncul dan membayarnya melalui Tokopedia. Sengaja saya segera melakukan pembayaran agar barang segera dikirim dengan lancar.

Sebenarnya banyak pilihan metode pembayaran, misalnya dengan datang ke Kantor Pos lalu membayar ke virtual account, atau bisa juga melalui transfer bank.

Pengiriman Barang dari Pos Indonesia ke Rumah

Setelah membayar biaya-biaya impor, saya tinggal menunggu barang dikirim ke Rumah. Ini sebenarnya sama saja kayak paket umumnya dari dalam negeri.

Hanya saja ada kejadian unik. Saat pak pos datang dan menyerahkan barang, dia bilang ada biaya-biaya yang harus dibayar sambil memberikan selembar kertas yang berisi rincian. Setelah saya lihat ternyata item nya sama persis dengan yang saya sudah bayar secara online. Akhirnya saya sampaikan saja kalau saya sudah membayar serta saya perlihatkan screenshot bukti bayar.

Pak pos nya menerima penjelasan saya dan hanya meminta tolong untuk mengirimkan ke nomer Whatsapp nya, bukti pembayaran yang sudah saya lakukan secara online. Dan barang pun diserahkan ke saya.

Paket telah sampai di rumah

Paket telah sampai di rumah

Paket telah dicek oleh Bea Cukai

Paket telah dicek oleh Bea Cukai

Isi Paket Adalah Mainboard T430

Isi Paket Adalah Mainboard T430

Dengan ini selesai sudah dag-dig-dug cari mainboard bekas untuk Thinkpad T430 di Aliexpress yang memakan waktu sekitar 1 bulan barang sampai rumah. Total pengeluaran saya untuk beli mainboard ini adalah harga barang Rp 614.998 + total biaya impor Rp 183.500 = Rp 798.498. Ini masih jauh di bawah plafon yang saya tetapkan dan juga lebih murah dari yang ditawarkan di toko online lokal.

See Also

Comments: