Mencari Mainboard Thinkpad T430 Di Aliexpress

| 943 Words

Di sela-sela menunggu ketidakpastian saat servis laptop, yaitu antara laptop berhasil dibetulkan atau tidak, saya juga berfikir tentang beberapa opsi. Apakah harus ganti mainboard? Ataukah dibiarkan begitu saja sebagai barang bekas.

Mainboard T430

Mainboard Thinkpad T430

Ganti mainboard sebenarnya pilihan yang masuk akal dibanding dengan di-servis. Kecuali untuk untuk servis yang ringan, misalnya ganti port USB yang sudah rusak, konektor, atau part yang simpel. Tapi kalau servis ke bagian yang rumit, misalnya ganti IC atau komponen yang sensitif sebenarnya cukup riskan juga. Kemungkinan bisa berhasil, walau tidak akan kembali seperti semula dan belum tahu bertahan berapa lama, juga kemungkinan gagal servis.

Sedang kalau ganti mainboard, walau mainboard bekas copotan, asal masih kondisi normal dan tidak pernah di-otak atik komponennya, kemungkinan laptop akan berjalan normal seperti sebelumnya. Untuk keawetan mungkin juga akan normal seperti halnya laptop pemakaian laptop bekas. Jadi kalau ada kerusakan memang karena umur pakai.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti mainboard dengan mainboard Thinkpad T430 bekas (copotan).

Memulai pencarian

Pencarian pertama dimulai dari market place lokal. Saya mencoba mencari di Tokopedia dan Shopee. Hasil sementara, dari penjual yang meyakinkan, harganya rata-rata di atas Rp 1 jt. Ada juga yang di bawah itu, tapi saya tidak yakin dengan barangnya. Karena saya tidak tahu berapa stok yang dia punya dan kualitas barangnya.

Malah sempat kaget ada yang jual di bawah Rp 500 rb. Ternyata yang dijual adalah mainboard Thinkpad T430 bekas dengan kondisi mati total. Mungkin ditujukan untuk orang yang mencari barang untuk di-kanibal untuk keperluan servis mainboard juga.

Pencarian berikutnya di market place dari Tiongkok (Aliexpress). Terlebih dahulu yang menginstall aplikasi di handphone android saya. Lalu saya set mata uang ke Rupiah agar langsung tahu harganya karena otomatis di-konversi ke rupiah.

Buat saya pengalaman belanja di market place luar negeri adalah pengalaman pertama. Makanya sempat khawatir dan mungkin seperti gambling juga. Kalau berhasil ya bagus, sebaliknya kalau gagal mungkin uang akan hilang atau mendapatkan barang yang tidak sesuai dan akhirnya tidak berguna.

Karena itu, untuk membatasi risiko, saya membatasi harganya tidak lebih dari Rp 1 juta. Jadi kalau memang barang tidak sesuai dengan harapan (spesifikasi, kondisi barang) apalagi barang hilang, anggap aja risiko. Sebaliknya kalau berhasil transaksi dan mendapatkan barang yang sesuai, tentu akan saya jadikan referensi kalau ingin mencari barang yang susah dicari di market place lokal dan dengan harga yang sesuai budget.

Walaupun begitu, dari tulisan-tulisan pengalaman orang yang berbelanja di Aliexpress, umumnya tidak ada kendala baik kualitas barang antara yang disampaikan di deskripsi dengan saat barang datang. Paling yang umum jadi kendala adalah proses pengiriman dan penanganan setelah sampai di Indonesia (bea masuk, pajak, dll). Jadi saya tetap yakin akan bertransaksi di Aliexpress dan sudah mengukur risiko jika terjadi hal yang di luar dugaan.

Mengetahui detail mainboard thinkpad t430 sebelum melakukan transaksi

Agar memudahkan saat memilih barang di market place, saya harus tahu tipe atau part number dari mainboard Thinkpad T430 saya. Part number mainboard bisa dilihat di stiker yang tertempel di mainboard. Kalau misalnya tidak ditemukan karena stiker nya terlepas dan hilang, masih bisa kita cari di Web Lenovo dengan memasukkan Serial Number dari laptop Thinkpad T430 (terdapat di stiker di bawah badan laptop). Terus bagaimana kalau Serial Number stikernya hilang? Tenang saja, masih bisa kita lihat di BIOS laptop.

Serial No T430

Serial Number Thinkpad T430

Part No Mainboard T430

Yang di kotak biru itu part number mainboard T430

Enaknya lagi, untuk mainboard T430 ini kalau kita tidak bisa mendapatkan sesuai part number aslinya, kita bisa ganti dengan part number lain yang bisa sebagai pengganti (substitusi nya), dan yang pasti PNP (Plug N Play).

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengetahui part number dan part pengganti di web Lenovo:

  1. Buka Parts-lookup di web supportnya Lenovo
  2. Masukkan serial number dari laptop. Kalau di Thinkpad T430 ada tertempel serial number di body bawah laptop
  3. Cari bagian di system board. Nanti akan ketemu part number dari mainboard nya. Untuk T430 saya, part number nya:
    • 00HM303
  4. Lalu buka lagi parts-lookup di langkah 1, masukkan part number dari mainboard nya. Nanti akan mendapatkan part number lain sebagai substitusi. Dari mainboard bawaannya, ada 3 part number mainboard yang bisa sebagai substitusi :
    • 04X3639
    • 04Y1406
    • 04Y1934

Sekarang saya punya 4 kandidat part number mainboard. Tentu saja ini akan memudahkan pencarian dan pemilihan mainboard yang akan dibeli di market place.

Parts lookup T430

Halaman depan parts lookup

Parts mainboard T430

Hasil pencarian part number mainboard T430

Parts mainboard T430

Hasil pencarian substitusi mainboard T430

Pencarian dan pembelian maiboard T430 di Aliexpress

Dari aplikasi Aliexpress yang terinstall di handphone saya memulai pencarian barang bermodalkan 4 part number di atas.

Untuk transaksi di Aliexpress ini, saya membatasi diri dengan beberapa hal:

  • Pembayaran dengan Rupiah dan bisa dibayarkan melalui gateway lokal, atau Virtual Account bank lokal
  • Harga saya batasi tidak lebih dari Rp 1 juta
  • Harus pakai fasilitas free ongkos kirim
  • Penjual harus bereputasi baik (ada bintang, ada testimoni)
  • Barang sejenis sudah ada yang terjual

Setelah mencoba mencari-cari dengan 4 part number di atas, saya mendapatkan banyak sekali pilihan di Aliexpress. Baik dari harga dan banyak juga yang menyediakan free ongkos kirim. Berdasarkan batasan-batasan yang sudah saya tetapkan di atas, akhirnya saya mendapatkan barang dengan harga Rp 615.000 dan free ongkos kirim. Penjualnya nya juga ber-reputasi (ada testimoni, ada bintang) dan ada barang sejenis yang terjual di tokonya.

Dari pilihan terbaik di atas, sebenarnya saya tidak mendapatkan barang dengan part number 00HM303 (part bawaan di laptop), melainkan part number substitusi 04Y1406. Tapi saya yakin nanti akan bisa dipasang dan berjalan normal karena sudah sesuai dengan petunjuk dari Webnya Lenovo di atas.

Akhirnya saya melakukan check out, mengisi data-data untuk pengiriman dan melakukan pembayaran. Seperti yang saya sebut di atas, saya membayar dengan mata uang Rupiah dan ditransfer ke virtual account bank lokal. Transaksi selesai dan saya tinggal menunggu proses pengiriman. Estimasinya katanya sekitar 1 bulan. Kita lihat saja.

See Also

Comments: